Pot Bearing: Komponen Penting dalam Struktur Jembatan

Pengertian dan Fungsi dari Pot Bearing

Pot Bearing merupakan salah satu jenis dari Structural Bearing yang dirancang untuk mentransfer beban dari struktur atas (superstruktur) ke struktur bawah (substruktur), sambil memungkinkan pergerakan yang terjadi karena ekspansi termal, beban dinamis, atau pergeseran kecil lainnya.

Namanya berasal dari bentuk utamanya, komponen silinder seperti pot atau wadah yang menampung bantalan elastomer (biasanya dari natural rubber atau bahan polimer lainnya). Elastomer ini mampu menahan deformasi vertikal sambil membolehkan rotasi horizontal.

Sama halnya dengan jenis Structural Bearing lainnya, selain untuk mengtransfer beban, Pot Bearing juga didesain untuk mengakomodasi rotasi akibat beban lalulintas dan faktor lainnya sekaligus juga mengizinkan adanya gerakan longitudinal dan transversal untuk mengurangi tekanan ke struktur.

Komponen Utama Pot Bearing

Untuk memahami cara kerja Pot Bearing, mari kita lihat bagian-bagian penyusunnya:

1. Pot (Silinder Bawah)

Berfungsi sebagai wadah untuk elastomer.

2. Elastomer Pad

Bahan karet keras (biasanya natural rubber)

yang mampu menahan tekanan vertikal dan

memungkinkan sedikit rotasi.

3. Piston

Ditempatkan di atas pot dan menekan

elastomer. Piston ini terhubung ke pelat atas

yang menyatu dengan struktur jembatan.

4. Komponen Sliding

Berbahan PTFE atau UHMWPE yang

berfungsi untuk mengakomodir pergerakan

5. Stainless Steel

Pertemuan dengan sliding komponen untuk mengakomodir pergerakan

6. Seal Ring

Digunakan untuk menjaga elastomer tetap dalam pot dan mencegah kebocoran saat

terjadi tekanan.

7. Top Plate

Top Plate merupakan Plat penghubung dengan struktur atas melalui dowel atau baut, tergantung dari jenis struktur atasnya.

Jenis-Jenis Pot Bearing

Pot Bearing dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis berdasarkan kemampuan pergerakannya:

1. Fixed Pot Bearing: Menahan gaya aksial maupun lateral di kedua arah juga mengakomodir rotasi, tetapi tidak mengakomodir pergerakan

2. Guided Pot Bearing: Menahan gaya aksial dan lateral satu arah ( longtudinal atau transveral ) serta mengizinkan adanya pergerakan pada arah yang berlawanan.

3. Free / Multi Pot Bearing: Menahan gaya aksial dan memungkinkan gerakan rotasi dan horizontal ke dua arah.

Kenapa Pot Bearing Penting dalam Struktur Jembatan?

Bayangkan jembatan sepanjang ratusan meter. Ketika matahari menyinari permukaannya, baja dan beton memuai. Ketika malam tiba atau cuaca dingin, material menyusut. Kalau jembatan benar-benar kaku dan tak punya komponen fleksibel, struktur bisa retak atau bahkan gagal.

Pot Bearing adalah elemen fleksibilitas itu. Ia memungkinkan jembatan “bernapas”—bergerak sedikit tanpa merusak struktur. Fungsi ini sangat penting, terutama pada jembatan besar dengan beban lalu lintas tinggi dan lingkungan ekstrem.

Perbandingan dengan Elastomeric Bearing Pad

Elastomer Bearing Pad dan Pot Bearing merupakan tipe Structural Bearing yang banyak dipakai di Indonesia. Perbedaan Pot Bearing dengan Elastomer Bearing adalah :

  • Kapasitas Beban Tinggi, Pot Bearing mampu menahan beban yang lebih besar dibandingan dengan Elastomer Bearing Pad.
  • Kapasitas Pergerakan, untuk pergerakan yang besar maka dibutuhkan ukuran elastomer bearing pad yang besar dan sangat tinggi sehingga sudah tidak efektif lagi. Hal ini berbeda jika menggunakan Pot Bearing, yang bisa mengakomodir pergerakan yang besar
  • Umur Pemakaian / Lifetime, Umur Pot Bearing relatif lebih Panjang dibandingkan dengan Elastomer Bearing Pad disebabkan bahan utama dari Pot Bearing terbuat dari baja dengan grade tinggi

Dengan demikian, Elastomer Bearing Pad lebih banyak dipakai pada Struktur Jembatan PCI/PCU dengan bentang yang relative pendek, sedangkan jika Struktur Jembatan memiliki gaya reaksi maupun pergerakan yang besar seperti pada Jembatan bentang panjang, pada umumnya menggunakan Pot Bearing

Magda Pot Bearing

Saat ini Magda Pot Bearing sudah dikenal sebagai Pot Bearing produk lokal pertama di Indonesia. Walaupun produksi lokal, tapi Magda Pot Bearing sendiri mengacu kepada standar Internasional yaitu AASHTO atau EN Standard yang juga merupakan acuan untuk Spesifikasi Umum Bina Marga.

Sampai saat ini Magda Pot Bearing sudah dipasang di berbagai proyek strategis di Indonesia, antara lain :

  • Jembatan Sei Alalak – Kalimantan Selatan, 2020
  • Jembatan Muara Sabak – Jambi, 2021
  • Bintaro X-Change Mall Tahap II – Tangsel, 2022
  • Tol Cimanggis Cibitung – Bekasi , 2023
  • Jembatan Gedung Labuan Bajo – Flores, 2023
  • Tol Cimanggis Cibitung – Jakarta, 2023
  • Jembatan Lintas Kereta Api ( JLKA) Paket 1,2,3,4 – Medan, 2023 – 2024
  • Jembatan Dirgahayu – IKN, 2024
  • Dll

Selain memproduksi Pot Bearing, Magdatama juga mempunyai  team khusus yang berpengalaman dalam pemasangan Pot Bearing untuk berbagai struktur bangunan

Pot Bearing – JLKA Paket 4, Medan

Magda Pot Bearing

Selama lebih dari 30 tahun, kami telah menjadi spesialis dalam fabrikasi dan pemasangan:

  • Expansion Joint (termasuk stripseal joint dan modular joint)
  • Bantalan Jembatan (elastomeric bearing pad, pot bearing, spherical bearing)
  • Seismik Isolator (LRB, HDRB, Pendulum)

Dengan pengalaman panjang, tenaga ahli bersertifikat, dan teknologi fabrikasi modern, kami siap memberikan solusi terbaik yang kuat, presisi, dan tahan lama untuk berbagai kebutuhan infrastruktur dan bangunan.

Konsultasikan proyekmu dengan kami sekarang. Tim kami siap membantu mulai dari tahap desain, pemilihan produk, hingga pemasangan di lapangan dengan standar mutu internasional.

Skills

Posted on

26/05/2025